Jokowi Boyong Lukisan Petruk Sekaligus Otobiografinya

Jokowi Boyong Lukisan Petruk Sekaligus Otobiografinya

Jakarta – Pengamat politik Rocky Gerung menanggapi keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam membeli lukisan 'Petruk Jadi Ratu, Semar Kusirnya' karya seniman Djoko Pekik pada Desember 2019. Menurutnya, Jokowi justru memilih lukisan yang menggambarkan dirinya sendiri.

"Jadi kalau Pak Jokowi membeli lukisan 'Petruk Jadi Ratu' yang mungkin Pak Jokowi sedang membeli otobiografinya," kata Rocky Gerung dalam video unggahan kanal YouTube ‘Rocky Gerung Official’, Senin (3/3)

Seperti dikutip dari jitunews, Rocky melihat karya Djoko Pekik sarat akan sindiran terhadap pemerintah. Hal itu, menurut dia, tersirat dalam 'Petruk Jadi Ratu, Semar Kusirnya" pula. Ia mengatakan lukisan tersebut menggambarkan pemimpin yang gagal mengelola negara sehingga menimbulkan kekacauan.

"Jadi ratu yang dikendalikan oleh orang yang lebih tahu keadaan. Itu yang disebut sebagai boneka sebetulnya. Jadi itu satire," ujar Rocky.

Rocky pun menilai Jokowi seharusnya memahami filosofi lukisan tersebut mengingat dirinya orang Jawa.

"Ini yang menimbulkan banyak spekulasi. Orang menganggap bahwa makin lama makin jelas, tanpa ada ahli Presiden Jokowi telah memperlihatkan otobiografinya," tambahnya.

Komentar Via Facebook :

Berita Terkait