Pedoman Siber

Pedoman Siber

Pedoman Pemberitaan

Kemerdekaan kemerdekaan, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan pers adalah hak asasi manusia yang dilindungi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia PBB. Keberadaan media siber di Indonesia juga merupakan bagian dari kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan pers.

Media siber memiliki karakter khusus sehingga diperlukan agar pengelolaannya dapat dilaksanakan secara profesional, memenuhi fungsi, hak, dan kewajibannya sesuai Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik. Untuk itu Dewan Pers bersama organisasi pers, pengelola media siber, dan menyusun Pedoman Pemberitaan Media Siber sebagai berikut:

1. Ruang Lingkup

  1.  Media Siber adalah segala bentuk media yang menggunakan wahana internet dan melaksanakan kegiatan jurnalistik, serta memenuhi persyaratan Undang-Undang Pers dan Standar Perusahaan yang ditetapkan Dewan Pers.
  2.  Isi Buatan Pengguna (User Generated Content) adalah segala isi yang dibuat dan atau dipublikasikan oleh pengguna media siber, antara lain, artikel, gambar, komentar, suara, video dan berbagai bentuk unggahan yang melekat pada media siber, seperti blog, forum, komentar pembaca atau syarat, dan bentuk lain.

2. Verifikasi dan keberimbangan berita

  1.    Pada prinsipnya setiap berita harus melalui pengungkit.
  2.    Berita yang dapat merugikan pihak lain memerlukan pengungkit pada berita yang sama untuk mengurus prinsip dan keberimbangan.
  3.    Ketentuan dalam butir (a) di atas dikecualikan, dengan syarat:
  • 1. Berita benar-benar mengandung kepentingan publik yang kedekatan;
  • 2. Sumber berita yang pertama adalah sumber yang menjelaskan identitasnya, kredibel dan kompeten;
  • 3. Berita subyek yang harus dikonfirmasi tidak diketahui keberadaannya dan tidak dapat diwawancarai;
  • 4. Media memberikan penjelasan kepada pembaca bahwa berita tersebut masih memerlukan pengungkit lebih lanjut yang diupayakan dalam waktu Ciptanya. Penjelasan dimuat pada bagian akhir dari berita yang sama, di dalam kurung dan menggunakan huruf miring.

       4. Setelah memuat berita sesuai dengan butir (c), media wajib diberdayakan pengungkit, dan setelah pengungkit terverifikasi, hasil pengungkit dicantumkan pada berita pemutakhiran (pemutakhiran) dengan tautan pada berita yang belum terverifikasi.

3. Isi Buatan Pengguna (Konten Buatan Pengguna)

  1. 1. Media wajib diisi syarat dan ketentuan mengenai Isi Buatan Pengguna yang tidak bertentangan dengan Undang-Undang No. 40 tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik, yang ditempatkan secara terang dan jelas.
  2. 2. Media mewajibkan setiap pengguna untuk melakukan pendaftaran dan melakukan proses log-in terlebih dahulu untuk dapat mempublikasikan semua bentuk Isi Buatan Pengguna. Ketentuan mengenai log-in akan diatur lebih lanjut.
  3. 3. Dalam registrasi tersebut, media yang mewajibkan pengguna memberi persetujuan tertulis bahwa Isi Buatan Pengguna yang dipublikasikan:
  • 1. Tidak memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul;
  • 2. Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian yang terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menghapus tindakan kekerasan;
  • 3. Tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.
  • 4. Siber media memiliki kewenangan mutlak untuk mengedit atau menghapus Isi Buatan Pengguna yang bertentangan dengan butir (c).
  • 5. Media wajib menyediakan konten pengaduan Isi Buatan Pengguna yang melanggar ketentuan pada butir (c). Mekanisme tersebut harus disediakan di tempat yang mudah diakses pengguna.
  • 6. Media siber wajib menyunting, menghapus, dan melakukan tindakan koreksi setiap Isi Buatan Pengguna yang dilaporkan dan melanggar ketentuan butir (c), sesegera mungkin secara proporsional selambat-lambatnya 2 x 24 jam pengaduan diterima.
  • 7. Media siber yang telah memenuhi ketentuan pada butir (a), (b), (c), dan (f) tidak dibebani tanggung jawab atas masalah yang ditimbulkan akibat pemuatan isi yang melanggar ketentuan pada butir (c).
  • 8. Penyedia media bertanggung jawab atas Isi Buatan Pengguna yang melaporkan bila tidak mengambil tindakan setelah koreksi waktu tersebut pada butir (f).

4. Ralat, Koreksi, dan Hak Jawab

  • 1. Ralat, koreksi, dan hak jawab mengacu pada Undang-Undang Pers, Kode Etik Jurnalistik, dan Pedoman Hak Jawab yang ditetapkan Dewan Pers.
  • 2. Ralat, koreksi dan hak jawab wajib ditautkan pada berita yang diralat, dikoreksi atau yang diberi hak jawab.
  • 3. Di setiap berita ralat, koreksi, hak jawab wajib dicantumkan waktu pemuatan ralat, koreksi, dan hak jawab tersebut.
  • 4. Bila suatu berita media siber tertentu disebarluaskan media siber lain, maka:
  • 1. Tanggung jawab pembuat berita media terbatas pada berita yang dipublikasikan di media siber tersebut atau media siber yang berada di bawah otoritas teknisnya;
  • 2. Koreksi berita yang dilakukan oleh sebuah media siber, juga harus dilakukan oleh media siber lain yang mengutip berita dari media siber yang dikoreksi itu;
  • 3. Media yang menyebarluaskan berita dari sebuah media siber dan tidak melakukan koreksi atas berita sesuai yang dilakukan oleh pemilik media dan atau pembuat berita tersebut, bertanggung jawab penuh atas semua akibat hukum dari berita yang tidak dikoreksinya itu.

5. Sesuai dengan Undang-Undang Pers, media siber yang tidak melayani hak jawab dapat dijatuhi sanksi hukum pidana denda paling banyak Rp500.000.000 (Lima ratus juta rupiah).

5. Berita Pencabutan

  1. 1. Berita yang sudah dipublikasikan tidak dapat dicabut karena alasan penyensoran dari pihak luar redaksi, kecuali terkait masalah SARA, kesusilaan, masa depan anak, pengalaman traumatik korban atau pertimbangan pertimbangan khusus yang ditentukan Dewan Pers.
  2. 2. Media siber lain wajib mengikuti pencabutan kutipan berita dari media asal yang telah dicabut.
  3. 3. Berita pencabutan wajib dilengkapi dengan alasan pencabutan dan diumumkan kepada publik.

6. Iklan

  1. 1. Media harus membedakan dengan tegas antara berita produk dan iklan.
  2. 2. Setiap berita / artikel / isi yang merupakan iklan dan atau isi berbayar wajib diisi.

 

HatamiNews.com, merupakan pemberitaan media online yang dipublik tayangkan perdana pada Januari 2019 dengan tujuan untuk mengabarkan dan menginformasikan isu-isu Nasional maupun Daerah Kabupaten / Kota Provinsi secara website.

PT. MEDIA LINTAS NEGERI

SK Kementerian Hukum dan HAM:

AHU - 0058883.AH.01.01.Tahun 2018 

NPWP :  86.819.787.2-222.000

NIB :  9120009192093

Penanggungjawab / IT :

Oloan Rinaldi STG

Dion Tri Septian

Elfis

Alamat:

Jalan Ronggo Warsito Kelurahan Suka Maju, Kecamatan Sail, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau - Indonesia, Kode Pos 28127

Ombudsman :

Zaini

Advokad / Notaris:

Oyong Tarulim, SH

Akta: C-92.HT.03.01-TH2001

Pimpinan Umum : M. Hasbi Ashshiddiqi

Penasehat Drs Wahyudi El Panggabean MH, Dasril Affandi SH MH, Yarlizar SPdI

Pimpinan Redaksi : M. Hasbi, Ash

Iklan : Nur M Zhahara

Kontributor / Wartawan

Aceh:

Sumatera Utara:

Sumatera Barat:

Riau:

Pekanbaru : Oloan R, Edi K, Kampar : Dirman, BangDik, Desri Yani, Iwan Nur.  Pelalawan : Asep Warso, Anton

Kepulauan Riau:

Jambi:

Sumatera Selatan:

Kepulauan Bangka Belitung:

Bengkulu:

Lampung:

DKI Jakarta:

Banten:

Jawa Barat:

Jawa Tengah:

DI Yogyakarta:

JawaTimur:

Bali:

Nusa Tenggara Barat:

Nusa Tenggara Timur:

Kalimantan Barat:

Kalimantan Tengah:

Kalimantan Selatan:

Kalimantan Timur:

Kalimantan Utara:

Sulawesi Utara:

Gorontalo:

Sulawesi Tengah:

Sulawesi Barat:

Sulawesi Selatan:

Sulawesi Tenggara:

Maluku:

Maluku Utara:

Papua Barat:

Papua:

Silahkan kirim biodata diri beserta lamaran menjadi  Wartawan/to dan Kontributor di redaksi HatamiNews.com wilayah masing-masing se-Indonesia Dunia Dalam Berita guna memberikan informasi harian kabar masa kini ke Email Redaksi Dan Nomor Kontek Person Redaksi dibawah ini.

Setiap wartawan HatamiNews.com dilengkapi identitas diri (kartu pers) dan namanya dicantumkan dalam kotak redaksi HatamiNews.com.

Setiap  wartawan HatamiNews.com dilarang membuat berita fitnah, hoax, kebencian, meminta / menerima  ketidakseimbangan  dari narasumber untuk mempengaruhi berita, serta hal-hal yang melanggar UU Pers Tahun 1990 dan Kode Etik Jurnalistik

HatamiNews.com mempersilahkan massa media, baik cetak maupun  elektronik, teks atau berita foto mengutip dari situs ini, dengan syarat meminta izin terlebih dahulu dan menyebutkan sumber berita dengan menuliskan HatamiNews.comi (tidak dilakukan penyingkatan HNC dan sebagainya). Bagi media yang mengutip berita dari situs ini tanpa menyebut sumber berita, redaksi akan menyampaikan somasi dan melakukan penuntutan secara hukum tentang hak cipta.

Redaksi HatamiNews.com menerima tulisan atau artikel dari masyarakat luas dan pembaca. Tulisan diketik dan dilengkapi identitas pengirim (E-KTP) dan nomor seluler yang bisa dihubungi. Tulisan dalam format notepad / microsoft word kirim ke Email atau ke Nomor WhatsApp yang tertera di boks redaksi ini dan Redaksi HatamiNews.com berhak menyunting isi tulisan tanpa mengubah maknanya.

Alamat Kantor Redaksi :

Jalan A Rahman Saleh Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar Provinsi Riau, Indonesia - Kode Pos 28463.  Email   : hataminewscenter@gmail.com

Telp / Hp / WhatsApp / Telegram  : 0811752535

Komentar Via Facebook :

Halaman Lainnya :